Minggu, 04 Oktober 2015

Tanaman kelapa yang kaya manfaat


 Tanaman kelapa yang kaya manfaat


Seperti dketahui bersama, kelapa adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat manfaat. Mulai dari batang, daun dan buahnya kaya akan manfaat. Itulah sebabnya, kelapa layak dijadikan investasi dan dikembangkan oleh kahalayak masyarakat luas sebagai budidaya yang patut dicoba sekaligus dilestarikan. Termasuk dalam hal ini budidaya bibit kelapa kopyor

Kelapa memang kaya khasiat. Daun yang muda digunakan sebagai bungkus ketupat., hiasan ataupun bahan baku tradisional. Daun yang tua dapat dianyam dan dipergunakan sebagai atap. Lidinya dapat digunakan untuk membuat sapu.  Batang kelapa digunakan sebagai bahan baku perabotan, mebel, dan bahan bangunan.

Akar kelapa dapat digunakan sebagai bahan baku bir, atau bahan baku zat pewarna. Buah kelapa terdiri dari sabut, tempurung, daging buah dan air kelapa. Buah kelapa dapat digunakan dihampir seluruh bagiannya. Airnya merupakan minuman segar dan dapat diproses menjadi nata de coco dan kecap. Sabut menjadi bahan tali, anyaman keset, matras dan jok kendaraan.

tanaman kelapa


sapu

buah kelapa

Dari sabut dapat diperoleh serat matra, serat berbulu, sekam atau dedak dan gabus. Serat matras digunakan untuk pengisi jok, penyaring dan matras. Serat berbulu digunakan untuk sikat pembersih, sapu dan keset. Sedangkan gabus digunakan untuk media tanaman atau pupuk kalium.

Tempurung dibuat menjadi gayung air, mangkuk atau diolah menjadi bahan baku obat nyamuk bakar, arang, briket arang dan karbon aktif. Daging buahnya dapat langsung dikonsumsi, bahan bumbu masakan diproses menjadi santan kelapa, kelapa parut kering, minyak goreng atau minyak murni. Daging buah dapat dikeringkan menjadi kopra.


Kopra itu dapat diproses menjadi minyak goreng, sabun, lilin, es krim, produk oleokimia seperti asam lemak (fatty acid), fatty alcohol dan gliserin. Ampas kelapa atau bungkil kelapa merupakan bahan baku pakan ternak. Ketandan buah yang baru tumbuh dapat diambil cairannya dan menghasilkan nira yang bisa diminum langsung atau dijadikan bahan dasar membuat gula semut atau gula kelapa. 


Anda berminat budidaya kelapa? kami sedia bibit kelapa varietas dalam genjah, dan hibrida dan sedia bibit kelapa kopyor dan bibit kelapa genjah entok kualitas unggul dari kebun yang terpercaya. sebuah investasi jangka menengah yang patut anda coba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...