Kelapa Kopyor


 Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor merupakan buah yang banyak digemari masyarakat indonesia untuk campuran minuman dingin yang lezat. Kelapa kopyor jarang dan tidak mudah diperoleh di pasaran karena harganya yang tinggi dan bisa mencapat 5 kali lipat dari kelapa biasa. Di Filipina, kelapa kopyor disenangi masyarakat dan dikenal dengan nama macapuno.

Selain untuk bahan minuman, kelapa kopyor juga digunakan sebagai bahan pembuatan kembang gula, roti, es shanghai, es krim dan bahkan sebagai bahan asinan. Kelapa kopyor termasuk kelapa yang sudah tua dan umurnya diperkirakan rata rata sekitar 10-11 bulan. Oleh karenanya, dibanding kelapa biasa seluruh komposisi kimianya hampir sama, kecuali kadar proteinyang yang relatif rendah yaitu 1,2 % dibanding kelapa tua, yaitu 3-4 %.

Bila dibanding kelapa muda, kelapa kopyor mempunyai kadar lemak sangat tinggi, yaitu 12 %. Oleh karenanya, kelapa kopyor yang sudah dibuka, cepat sekali jadi tengik atau busuk. Dalam waktu sekitar 10 jam, kelapa kopyor sudah rusak atau tengik, sedangkan kelapa muda yang kandungan lemaknya kecil (0,9) lebih tahan terhadap tengik.
Dalam keadaan tertutup atau masih utuh, kelapa kopyor dapat bertahan kurang dari tujuh hari. Karena harganya yang relatif tinggidan sifatnya yang mudah rusak, maka langkah tindakan pencegahan mutlak dipersiapkan, termasuk proses pembekuan. Tujuannya tentu saja supaya tidak cepat tengik.
Kelapa kopyor dapat dibedakan dengan kelapa biasa dengan cara sederhana, yaitu dengan menguncang- guncangkannya. Kalau terasa ada benda padat dan bersuara “ kupyuk kupyuk” di dalam air kelapa, maka itu pertanda kopyor. Daerah sentra kelapa kopyor terpusat d Jawa Tengah, tepatnya Pati, kawasan Kecamatan Tayu dan sekitarnya.
Dengan potensi kelapa kopyor yang besar, budidaya kelapa kopyor menemukan relevansinya. Memang selama ini ada dua jenis dalam pembibitan kelapa kopyor, yaitu bibit kelapa kopyor jenis kultur embrio dan kultur jaringan. Untuk saat ini, kami hanya menangani yang kultur embrio alias berasal dari induk pohon yang muncul gen kopyor.

Untuk kultur jaringan kami belum bisa menyediakan, mengingat ti ngkat kesulitan yang tinggi. Walapun demikian, dengan menanam kelapa kopyor, anda akan tetap untung karena kelapa kopyor kami hibrida, unggul, pohonnya kecil sudah berbuah dan memiliki tandan yang banyak.  Hubungi sms/WA /Tlp 087838393451.    

bibit kelapa kopyor


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah kandungan nutrisi mengagumkan dari sebutir kelapa kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor