Keunggulan Berkebun Kelapa Kopyor

 Keunggulan Berkebun Kelapa Kopyor

Bernilai jual tinggi

Budidaya kelapa kopyor menjadi primadona baru petani agribisnis indonesia. Budidaya kelapa kopyor mulai bergema kencang sejak tahun 2010 ketika Menteri Pertanian melepas tiga varietas unggul genjah kopyor hijau, genjah kopyor coklat dan genjah kopyor kuning. Ketiganya merupakan produk unggul Kabupaten Pati. Mulai dari situ, genjah kopyor pati semakin mendunia dan dicari bibit kelapa kopyor nya untuk ditanam dikebun mereka.  
Tentu saja ada alasan utama yang melatarbelakanginya. Apalagi kalau bukan dari nilai jual nya yang tinggi. Seperti diketahui, harga buah kopyor di pasaran relatif tinggi. Bila musim biasa buah kopyor dihargai dua puluhan ribu hingga lima puluhan ribu; sesuai ukuran tentunya. Namun bila memasuki musim puasa, lebaran atau liburan, harga buah kopyor melonjak tinggi hingga mencapai enam puluhan ribu per buah. Harga yang fantastis bukan?
es kopyor
Es kopyor; menu favorit setiap restoran.

Mudah dibudidayakan

kelapa kopyor

Budidaya kelapa kopyor cukup mudah dibudidayakan di Iklim tropis Indonesia. Cuaca indonesia cukup mendukung untuk tumbuh kembangnya tanaman kelapa kopyor. Hanya saja, tanaman kelapa kopyor akan lebih bagus bila ditanam di daerah dataran rendah dan pesisir. Meskipun juga di pegunungan dan dataran tinggi tetap bisa tumbuh dengan baik. Yang terpenting, kondisi tanah subur, nutrisi cukup, ketersediaan air, dan suplai matahari yang cukup.

Mudah pemasarannya


Dengan rasanya yang gurih dan lezat tidak heran bila kelapa kopyor diburu konsumen.   Anda pun tidak dibuat pusing untuk memasarkan hasil buah tanaman kopyor. Anda bisa menjual ke pengepul di tingkat lokal dan regional. Namun, kalau anda ingin harga lebih tinggi bisa langsung ke konsumen baik secara online maupun offline.

Minim resikonya

Resiko menanam kelapa kopyor hampir tidak ada asal ditanam dan dirawat serius. Resiko gagal panen hampir hampir tidak ada ceritanya. Meski demikian, pencegahan tetap hal yang harus diutamakan. Pemeliharaan tanaman kelapa kopyor perlu diperhatikan. Musuh utama menanam kelapa kopyor adalah kumbang. Maka dari itu secara berkala tanaman kelapa kopyor sebaiknya dipantau. Cara tradisional bisa menyelipkan daun tembakau ke pupusnya. Namun bila dirasa kurang efektif bisa menyemprotkan herbisida atau pestisida sesuai kebutuhan.

Tidak Mengenal Musim
bibit kelapa kopyor siap tanam
bibit kelapa kopyor siap tanam

tanaman kelapa kopyor bisa berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Baik musim kemarau ataupun musim hujan tanaman kelapa kopyor tetap bisa berbuah. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan petani. Musim tanamnya pun tidak mengenal musim. Musim kemarau maupun musim hujan tetap bisa ditanam. Hanya saja bila musim kemarau harus sering disiram sesuai kebutuhan. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah kandungan nutrisi mengagumkan dari sebutir kelapa kopyor

Kelapa Kopyor :Produk Unggulan Kabupaten Pati

Potensi ekspor dari olahan daging kelapa kopyor