Minggu, 16 Juli 2017

Cara memelihara bibit kelapa kopyor

Cara Memelihara Bibit Kelapa Kopyor

bibit kelapa kopyor

Buah kelapa kopyor yang baik tentu dihasilkan dari bibit kelapa kopyor yang baik pula. Dalam memilih bibit kelapa kopyor dari indukan unggul telah kami bahas pada artikel terdahulu. Kali ini penulis ingin sedikit mengulas bagaimana cara memelihara bibit kelapa kopyor yang telah ditanam untuk dibudidayakan, berikut adalah beberapa cara memelihara bibit kelapa kopyor yang mudah untuk dilakukan :
1.      Penyiraman
Ketersediaan air dalam keberlangsungan hidup bibit kelapa kopyor sangatlah penting. Namun demikian pemberian air /penyiraman haruslah sesuai kadar yang ditentukan (secukupnya) , penyiraman juga sangat dipengaruhi musim. Sebagai contoh, saat musim kemarau penyiraman harus dilakukan setiap hari. Penyiraman juga sangat tergantung umur bibit, semakin tua usia bibit maka semakin banyak pula air yang diperlukan untuk membantu pertumbuhan.

2.      Penyiangan dan penggemburan tanah
Penyiangan pada bibit kelapa kopyor sangat berguna, pembersihan dari rumput-rumput liar yang mengganggu terserapnya nutrisi dari dalam tanah menuju batang, karena harus berbagi dengan berbagai macam rumput liar yang tumbuh disekeliling bibit. Sedangkan untuk penggemburan tanah perlu dilakukan dengan cara mencangkuli dan diberi air dengan kadar cukup agar tekstur tanah menjadi gembur dan siap sebagai media tanam.
3.      Pemupukan
Pemberian pupuk organik dari kotoran kandang maupun sampah sampah organik penting dilakukan demi mendukung tumbuh kembangnya tanaman kelapa kopyor. Demikian pula pupuk non organik juga bisa dilakukan seperti urea, TSP dan KCL secukupnya.
4.      Pemberantasan hama
Pemberantasan hama mutlak perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan bibit kelapa kopyor secara optimal. Pemberantasan hama penyakit bisa dilakukan dengan menyemprotkan  dengan insektisida ataupun fungisida secara berkala.
Demikian sedikit ulasan dari kami semoga dapat menambah wawasan khususnya jika anda tertarik untuk budidaya kelapa kopyorUntuk info dan pengadaan bibit kelapa kopyor lebih jelas dapat menghubungi kami melalui Telpon/SMS/WA di 087838393451 beralamat di Rajek Lor RT 2 RW 24 Desa Tirtoadi Mlati Sleman. Kami menjamin bahwa bibit kelapa kopyor siap tanam dari kami adalah asli Pati karena kami adalah putra Pati yang sedang merantau di Yogyakarta. Terimakasih atas kunjungannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Menanam Pohon Kelapa

  Menanam pohon kelapa memberikan berbagai keuntungan ekonomi, ekologis, dan sosial. Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang ...